Kesehatan

0n3 OGE TETAP BERBAHAYA

JELAS TIDAK MENYEHATKAN

Jauhi Aku, Jika ingin sehat

Mengisap sebatang rokok sehari bagi sebagian perokok mungkin dianggap tidak berbahaya bagi kesehatan, begitu juga dengan menghirup sedikit asap rokok yang diembuskan perokok.

Padahal, meski paparan pada asap rokok terbatas dan mengisap rokok hanya sebatang sehari tetap saja dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung dan kesehatan lainnya. Hal itu terungkap dalam sebuah laporan kesehatan terbaru dari US Surgeon General.

Laporan teranyar dari penelitian pertama pada 1964 yang menyoroti bahaya rokok ini sekali lagi menegaskan bahwa meskipun merokok hanya sesekali atau hanya menghirup asap rokok yang diembuskan para perokok, tetap saja tak bisa dianggap sepele konsekuensinya terhadap kesehatan.

“Dari laporan itu tercetus adanya bukti bahwa tidak ada tingkatan yang aman dari asap rokok,” kata ketua Surgeon General, Regina Benjamin, yang juga menjabat sebagai penasihat kesehatan masyarakat di Gedung Putih.

“Anda tidak perlu menjadi seorang perokok berat atau perokok kawakan untuk mendapatkan penyakit yang berhubungan dengan merokok atau mengalami serangan jantung atau serangan asma yang dipicu oleh asap rokok,” tegas laporan itu.

Tingkat paparan terhadap asap rokok yang rendah, termasuk perokok pasif, menyebabkan peningkatan cepat dalam hal disfungsi dan peradangan pada lapisan pembuluh darah, yang memicu serangan jantung dan stroke.

Benjamin mengatakan laporan itu menggarisbawahi perlunya meningkatkan upaya untuk mencegah orang merokok di Amerika Serikat, di mana ada sedikit perubahan dalam persentase pengguna rokok sejak 2005 setelah lama mengalami penurunan.

“Bukti dalam laporan ini memberikan pemahaman tambahan bahwa risiko tidak meningkat secara linear dengan meningkatnya paparan, dan bahkan tingkat paparan terhadap asap rokok yang rendah – seperti merokok beberapa batang per hari, kadang-kadang merokok, atau perokok pasif — sudah cukup untuk meningkatkan risiko kejadian jantung,” kata laporan itu.

Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia dan senyawa. Ratusan di antaranya bersifat toksik dan lebih dari 70 menyebabkan kanker. Zat kimia dalam asap rokok ini dapat mencapai paru-paru Anda dengan cepat setiap kali Anda menghirup asap rokok. Darah Anda kemudian membawa zat-zat beracun itu ke setiap organ dalam tubuh Anda.

Laporan ini juga menambahkan bahwa rokok “dirancang untuk kecanduan” dengan nikotin dan zat lainnya dan bahwa remaja “lebih sensitif terhadap nikotin” dan lebih mudah kecanduan. Mau tunggu apa lagi, jika ingin selamat dari bahaya rokok segera hentikan kebiasaan mengisap asap tembakau ini.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s