IPTEK

ADA APA DI PUSPA IPTEK

Sudah tahukah kalian wahana belajar bernama Puspa IPTEK di Kota Baru, Padalarang Bandung. Kalau belum semoga setelah membaca artikel ini, kalian termotivasi dan ingin merasakan, bagaimana bermain di wahana ilmu

Perlu diketahui, Puspa Iptek menamakan dirinya sebagai pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi, berlokasi di area perumahan elit (walaupun saya belum pernah tahu komplek perumahannya, hanya mengira-ngira dengan melihat fasilitas yang ada di lokasi itu saja  ! ), Kota Baru Parahyangan. Anda bisa melihat gambar lokasi dan seputar penjelasan tentang Puspa Iptek di situs resminya, di sini.

Seperti yang di katakan di atas, bahwa Puspa Iptek menamakan dirinya sebagai pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sana memang menyediakan berbagai macam alat peraga terutama di bidang fisika, yang bisa dicoba oleh pengunjung dengan bantuan dan penjelasan dari instruktur di sana. Beberapa alat peraga bidang matematika juga rupanya ada di sana, terutama yang biasa dipakai oleh anak-anak SD atau SMP.

 

 

 

 

 

1. Papan Berpaku

PAPAN BERPAKU

PAPAN BERPAKU

 

 

 

 

 

Alat Peraga “Papan Berpaku” ini dilengkapi dengan tali atau karet gelang agar bisa digunakan. Berfungsi untuk mengetahu luas daerah bangun tidak beraturan. Dengan menggunakan tali atau karet gelang (menggunakan karet gelang tentu akan lebih mudah!) buatlah berbagai macam bentuk bangun datar, dengan cara mengaitkanya pada paku-paku yang tersedia di papan itu. Untuk menghitung luas daerah bangun yang kamu buat itu, bisa gunakan formulasi berikut:

L = 1/2 D + T – 1

Dengan:

L = Luas daerah bangun datar

T = Jumlah patok/ paku yang tidak terkena tali/ karet gelang

D = Jumlah patok/ paku yang terkena tali/ karet gelang

2. Persegi dan Palang

PERSEGI DAN PALANG - PUZZLE

 

 

 

 

 

 

 

Alat peraga ini adalah bentuk puzzle berupa kepingan-kepingan bangun datar yang harus disusun menjadi bentuk persegi atau palang.

PUZZLENYA TELAH TERSUSUN

 

 

 

 

 

 

 

4. Susunan Bangun

Alat peraga ini terdiri atas kepingan-kepingan kayu yang berwarna hitam dan merah. 5 kepingan kayu berwarna hitam dapat disusun menjadi sebuah bangun persegi (hanya persegi!). Sedangkan kepingan berwarna merah yang jumlahnya ada 4, dapat disusun menjadi sebuah persegi dan segitiga sama sisi.

5. Penjumlahan Persegi

Penjumlahan Persegi

Merupakan alat peraga “Persegi Ajaib” .  Persegi ajaib adalah matriks persegi yang memuat bilangan-bilangan yang jumlah bilangan-bilangan tersebut pada setiap baris, kolom, dan diagonalnya sama. Pada persegi ajaib di atas, bilangan pada setiap baris, kolom, dan diagonalnya harus berjumlah 24.

6. Bintang Bilangan

BINTANG BILANGAN

Cara menggunakannya adalah, Anda harus mengisikan bilangan-bilangan kepada lingkaran-lingkaran kosong pada bintang (Perhatikan gambar! Lingkaran-lingkaran bertuliskan bilangan di atasnya itu bisa dibuka dan dipasang), sehingga bilangan-bilangan pada setiap garis mempunyai jumlah yang sama.

Bintang itu mempunyai bilangan ajaib, 40. Untuk mengerjakannya, gunakanlah cara coba-coba yang terarah!

7. Segitiga Bilangan

SEGITIGA BILANGAN

Alat peraga ini digunakan seperti alat peraga “Bintang Bilangan” di atas. Bedanya, hanya bentuk dan bilangan-bilangan yang akan dipasangkanya saja.

Anda harus menyusun bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dalam bentuk sebuah segitiga sehingga bilangan-bilangan pada setiap sisinya berjumlah sama, yaitu 10. Dapat ditunjukkan pula bahwa bilangan-bilangan itu dapat disusun dalam susunan berbeda pada segitiga itu, tetapi jumlahnya tetap pada semua sisinya yaitu sama dengan jumlah tertentu. Bilangan-bilangan itu sering juga disebut bilangan ajaib, seperti halnya bilangan-bilangan pada persegi ajaib di atas.

8. Tangram

TANGRAM

Tangram adalah permainan teka-teki berumur sangat tua yang berasal dari negeri Cina. Tangram terdiri dari 7 buah keping bangun datar yang dapat disusun atau dipasang bersama membentuk beberapa pola bangun.

 Anda bisa menyusun ketujuh kepingan tangram itu membentuk bangun-bangun seperti terpampang di depan meja tangram itu. Dalam menyusun satu bangun harus menggunakan ketujuh kepingannya sekaligus.

9. Tabung Urai dan Apollo Puzzle

Tabung Urai dan Apollo Puzzle

Tabung Urai dan Apollo Puzzle

Merupakan bentuk puzzle berupa potongan-potongan kayu yang harus disusun membentuk tabung dan apollo.

10. Bola

BOLA

Bola

Merupakan puzzle bentuk bola dari potongan-potongan kayu. Seharusnya di meja ini ada satu alat peraga lain, yaitu “Kubus Rentang”. Entah sedang diperbaiki ataukah hilang, saat itu kubus rentang nya tidak ada di sana.

Itulah beberapa alat peraga matematika yang saya temui di Puspa Iptek. Sebenarnya ada alat peraga lain yang mestinya ada (karena ada meja display nya) tetapi saya tidak dapat menemukannya. Seperti yang saya bilang tadi, entah sedang diperbaiki ataukah hilang sehingga tidak bisa dipajang.

Usahakan kita sebagai orang tua lebih sering melakukan wisata ilmiah. Walaupun anak-anak kita belum mengerti konsep-konsep fisika ataupun matematika yang terkandung dalam berbagai alat peraga yang ada di sana, setidaknya itu bisa menjadi langkah awal mengenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada mereka.  Dan yang terpenting mereka akan berhati senang dan menyukai ilmu pengetahuan.

Dengan dikenalkannya siswa didik terhadap kegiatan seperti ini (wisata ilmiah), maka mereka akan benar-benar faham akan pelajarannya yang diperoleh dibangku sekolah.

Sumber : Web matematika menyenangkan

About these ads
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s